Thursday, September 22, 2011

BlackBerry Torch 9810

BlackBerry Torch 9810 Jagat Ponsel dalam kesempatan ini akan menulis artikel tentang BlackBerry Torch 9810 terutama spesifikasinya, dimana spesifikasi BlackBerry Torch 9810 adalah


Desain
Torch adalah seri BlackBerry yang mengutilisasi desain qwerty slide dengan tambahan layar sentuh. Jadi ada banyak cara untuk menginput perintah, dan kesemuanya bekerja dengan sempurna. Dari kacamata desain, tidak ada perbedaan yang mencolok terhadap seri sebelumnya. Ukuran dan bobot yang dikandungnya juga sama. Perbedaan datang dari material plastik berlapis krom yang melapisi tubuhnya, dimana 9800 memakai plastik Glossy. Selain itu list silver kali ini ditiadakan. Readmore BlackBerry Bold 9900 Dakota

Dengan layar sentuh capacitive berukuran 3,2 inchi, mata dan jari kita termanjakan oleh kelapangan layar. Ditambah kedalaman 16 juta warna dengan resolusi 480 x 640 pixels, semakin nyamanlah kita dengannya. Tampilan menu terbagi menjadi 5 homescreen (All, Favorite, Media, Downloads, Frequent), yang bisa diganti dengan mengusap layar ke kanan/kiri.

Torch 9810 dilengkapi lubang Jack headset 3,5 mm, tombol volume dan tombol kamera di sisi kanan, serta port MicroUSB untuk charger dan kabel data di samping kiri. Di bawah layar disematkan tombol  Trackpad untuk akses menu, Call, End Call, Back dan Option (tombol logo Blackberry).  Di bagian atas ada tombol pengunci layar.

Catatan
Layar dilengkapi kemampuan akselerometer, kita bisa menggunakannya dalam posisi portrait maupun landscape.

Fitur
Internetan dengan Torch 9810 adalah pengalaman yang istimewa. Dengan dukungan jaringan HSDPA tentu kecepatannya ngebut. Selain itu ia juga menyiapkan kemampuan untuk memasuki jaringan WiFi. Browser BlackBerry OS 7,  sama seperti OS 6 juga mempunyai kemampuan untuk tabbed browsing. Namun ia hadir dengan  Java engine terbaru, dukungan Flash, HTML5, peningkatan rendering HTML cepat. Browser juga memiliki kemampuan pinch zooming.

Beralih ke bidang imaging dan media. Kamera Torch 9810 masih sama dengan 9800, yaitu 5 megapixels dengan kemampuan face detection, geotagging, macro mode (disini dengan nama Close-Up), Zoom, auto focus, dan flash. Video kamera mampu merekam gambar HD 720 x 1280, durasi video tergantung jumlah ruang kosong di memori handphone kita. RIM menyisipkan fitur slacker Radio untuk mendengarkan ratusan web radio dari berbagai penjuru dunia. Tampilan antarmuka untuk image viewer, video player dan audio player juga terbilang mumpuni.

BlackBerry memang kodratnya ditujukan sebagai handphone ‘kerja’. Pada Torch 9810 fitur office hadir dengan aplikasi documents to go full version. Kita bisa membuka, atau membuat beragam file seperti Excel, word, sampai PDF. Kehadiran keypad qwerty juga memperlancar pengetikan, khususnya bagi mereka yang belum terbiasa mengetik di touchscreen. Fitur push email BlackBerry masih tangguh. Kita menerima dan mengirim Email layaknya SMS-an biasa, email diterima tanpa delay.

Catatan
Tentu tidak lupa aplikasi chat khusus BlackBerry, BBM yang sangat terkemuka tersebut. Berkat OS 7 ia mengalami sedikit perubahan. BBM kini terintegrasi penuh dengan sejumlah aplikasi.

Kinerja
BlackBerry Torch 9810 memenuhi ekspektasi kami di berbagai bidang. Memang tidak banyak perubahan yang terjadi sejak 9800. Namun kekuatan, kecepatan, dan ketangguhannya berada diatas kakaknya beberapa level. Semua berkat peningkatan prosesor, penyimpanan internal dan memori yang RIM pasang.

Untuk kemampuan daya, Torch 9810 menggunakan baterai lithium ion berkekuatan 1270 mAh. Dalam moda siaga dan 3G aktif mampu bertahan 300 jam. Kami menggunakan baterainya untuk browsing, dan chatting  selama 1 jam, dari yang tadinya penuh ia berkurang seperempatnya.

Spesifikasi BlackBerry Torch 9810:
  • Jaringan: 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G HSDPA 850 / 1900 / 2100;
  • Dimensi: 111 x 61.9 x 14.5 mm; Bobot: 161 gram;
  • Layar: 3,2 inchi, TFT capacitive touchscreen, 16M colors, 480 x 640 pixels, QWERTY keyboard, Optical trackpad, Multi-touch input method, Proximity sensor for auto turn-off;
  • Kamera 5 MP, 2592х1944 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, continuous auto-focus, image stabilization;
  • Memori: 8GB storage, 768 MB RAM, microSD up to 32GB;
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v2.1 with A2DP, 3G HSDPA 14.4Mbps, HSUPA, microUSB v2.0;
  • CPU: 1.2GHz processor;
  • Sistem Operasi: BlackBerry OS 7.0;
  • Messaging: SMS, MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser: HTML
  • GPS: A-GPS support;
  • Java : MIDP 2.1
  • Fitur Lain: NFC support, Digital compass, Document viewer (Word, Excel, PowerPoint), MP3/WMA/WAV/eAAC+ player, DivX/XviD/MP4/WMV/H.263/H.264 player, Organizer, Voice memo/dial,Predictive text input, audio jack 3.5 mm;
  • Baterai: Li-Ion 1300 mAh.
Platform BlackBerry OS 7 yang baru diperkenalkan RIM yang disematkan di BlackBerry smartphone ini diklaim membuat smartphone sangat responsif, memiliki interface engine baru, dan suguhan animasi menarik yang dapat berubah-ubah.

Bukan cuma itu OS terbaru ini juga digadang-gadang memiliki browser yang dikatakan sebagai yang terbaik di class HTML 5 dan kinerja JavaScript-nya. Sebagai perbandingan, browser BlackBerry OS 7 dinilai 40% lebih cepat ketimbang pada BlackBerry OS 6.


Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. JAGAT PONSEL . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates